PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN DIFERENSIASI PROSES PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN METAKOGNITIF SISWA SMP

SABILLA SAFA ANNISA QURROTA - Nama Orang;

Qurrota, Sabilla Safa Annisa. 2025. “Keefektifan Diferensiasi Proses pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Metakognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata kunci: Diferensiasi Proses, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemecahan Masalah, dan Metakognitif
Kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti pemecahan masalah dan metakognitif perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA untuk menghadapi tantangan global dan dunia kerja. Berdasarkan penelitian sebelumnya, kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif siswa tergolong rendah dan kurang dikembangkan dalam pembelajaran. Model pembelajaran berbasis masalah dapat melatih kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif siswa, namun model pembelajaran belum memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sedangkan setiap siswa memiliki kemampuan berbeda karena profil dan minat yang dimiliki seperti gaya belajar yang berbeda. Diferensiasi proses pada model pembelajaran berbasis masalah perlu dilakukan untuk mengakomodir perbedaan kebutuhan siswa berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifikan diferensiasi proses pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif siswa SMP, serta menganalisis hubungan kemampuan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experiment nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis dari uji independent sample t-test yaitu 0,016 pada kemampuan pemecahan masalah dan 0,034 pada kemampuan metakognitif menunjukkan ada perbedaan signifikan. Peningkatan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif terjadi pada kelas eksperimen. Hasil didukung oleh skor N-gain kelas eksperimen. Hasil uji korelasi yaitu terdapat hubungan kemampuan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan sig. (2-tailed) yaitu 0,00 dan nilai korelasi pearson 0,91 dengan hubungan sangat kuat. Kesimpulan penelitian yaitu diferensiasi proses pada model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif siswa serta terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan metakognitif siswa.


Ketersediaan
20-UN57.U1-SI-VI-2025IPA QUR K 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA QUR K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;273HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik