Text
SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP PADA MATERI ALJABAR
Salah satu hal yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan abad 21 adalah literasi matematika yang berperan penting sebagai salah satu keterampilan hidup. Namun faktanya kemampuan literasi matematika di SMP N 1 Sawangan masih berada pada ketegori rendah berdasarkan nilai rata-rata tes kemampuan awal yaitu sebesar 26,05. Penyebabnya karena siswa belum terbiasa dengan soal literasi matematika dan masih sering menerapkan pembelajaran langsung. Tujuan penelitian untuk (1) untuk mengidentifikasi kemampuan literasi matematika peserta didik yang mendapatkan pendekatan RME dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran langsung; (2) untuk mengidentifikasi kemampuan literasi matematika peserta didik dengan self-efficacy tinggi dibandingkan peserta didik dengan selfefficacy sedang dan rendah, dan kemampuan literasi matematika peserta didik dengan self-efficacy sedang dibandingkan peserta didik dengan self-efficacy rendah; serta (3) untuk mengidentifikasi interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self-efficacy terhadap
kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasiexperimental bentuk the nonequivalent pretest-postetst control group design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIB yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan literasi matematika serta non-tes berupa angket self-efficacy, lembar observasi, pedoman wawancara dan angket validasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tahap awal
dengan uji independent sample t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal peserta didik pada materi aljabar, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yaitu uji scheffe. Proses analisis data dilakukan setelah terpenuhinya uji prasyarat
analisis normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji Bartlett).
21-UN57.U1-SPM-VI-2025 | MATEMATIKA ALF P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain