PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP PADA MATERI ALJABAR

DESI ALFITRIA - Nama Orang;

Salah satu hal yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan abad 21 adalah literasi matematika yang berperan penting sebagai salah satu keterampilan hidup. Namun faktanya kemampuan literasi matematika di SMP N 1 Sawangan masih berada pada ketegori rendah berdasarkan nilai rata-rata tes kemampuan awal yaitu sebesar 26,05. Penyebabnya karena siswa belum terbiasa dengan soal literasi matematika dan masih sering menerapkan pembelajaran langsung. Tujuan penelitian untuk (1) untuk mengidentifikasi kemampuan literasi matematika peserta didik yang mendapatkan pendekatan RME dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran langsung; (2) untuk mengidentifikasi kemampuan literasi matematika peserta didik dengan self-efficacy tinggi dibandingkan peserta didik dengan selfefficacy sedang dan rendah, dan kemampuan literasi matematika peserta didik dengan self-efficacy sedang dibandingkan peserta didik dengan self-efficacy rendah; serta (3) untuk mengidentifikasi interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self-efficacy terhadap
kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasiexperimental bentuk the nonequivalent pretest-postetst control group design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIB yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan literasi matematika serta non-tes berupa angket self-efficacy, lembar observasi, pedoman wawancara dan angket validasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tahap awal
dengan uji independent sample t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal peserta didik pada materi aljabar, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yaitu uji scheffe. Proses analisis data dilakukan setelah terpenuhinya uji prasyarat
analisis normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji Bartlett).


Ketersediaan
21-UN57.U1-SPM-VI-2025MATEMATIKA ALF P 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALF P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XXI;300HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik