Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
Defita, Haelin Nur. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, PBL, Pendekatan STEM
Keterampilan berpikir kritis merujuk pada kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi dan menyimpulkan informasi secara logis. Keterampilan ini sangat penting untuk mendukung pemahaman dan pengambilan keputusan yang tepat dalam proses pembelajaran. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis adalah model PBL dengan pendekatan STEM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Magelang sebagai populasi, dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2, kelas VII E menjadi kelas kontrol, dan kelas VII F menjadi kelas eksperimen 1. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest menggunakan 5 soal berpikir kritis berupa uraian yang telah melalui uji validitas maupun reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji anava satu jalur dan uji N-Gain. Hasil uji Ngain kelas eksperimen 1 sebesar 0,53, kelas eksperimen 2 sebesar 0,58, dan kelas kontrol sebesar 0,45. Ketiganya berada dalam kategori sedang, namun kelas eksperimen 2 menunjukkan N-Gain lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
21-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA DEF P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain