Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENULIS TEKS BERITA YANG TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK SISWA SMP KELAS VII
ikulum Merdeka belum memuat kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pada buku tersebut, hanya memuat satu kearifan lokal, yaitu konservasi mangrove. Hal ini membuat siswa kesulitan menyusun teks berita. Oleh karena itu, perlu dikembangkan materi ajar.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan, karakteristik materi ajar, dan desain produk pengembangan materi ajar menulis teks berita yang terintegrasi kearifan lokal menggunakan book creator untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development (R&D) menurut Sugiyono (2019) yang diselaraskan menjadi lima langkah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran angket kebutuhan kepada siswa dan guru bahasa Indonesia di beberapa SMP Kabupaten
Magelang, serta angket penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan (1) kebutuhan materi ajar menulis teks berita yang terintegrasi kearifan lokal menggunakan book creator untuk siswa SMP Kelas VII dan guru bahasa Indonesia di Kabupaten Magelang (2) karakteristik materi ajar ini disesuaikan dengan prinsip-prinsip pengembangan materi ajar (3) desain pengembangan materi ajar ini memuat bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Adapun hasil uji kelayakan materi ajar ini oleh ahli materi sebesar 3,0 dan ahli media sebesar 3,2 berdasarkan skala likert. Simpulan penelitian ini, yaitu materi ajar menulis teks berita yang terintegrasi kearifan lokal menggunakan book creator untuk siswa SMP kelas VII layak digunakan oleh siswa dan guru sebagai sumber pembelajaran.
23-UN57.U1-SIN-VI-2025 | INDONESIA NIN P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain