Text
SKRIPSI FRAMING MEDIA TERHADAP PEMIMPIN PEREMPUAN: ANALISIS PEMBERITAAN WALIKOTA SEMARANG DALAM PROGRAM LOMBA MASAK NASI GORENG
ABSTRAK
Perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki dalam memimpin dan berkontribusi dalam pengambilan kebijakan yang lebih peduli terhadap aspek sosial dan berkelanjutan. Namun di media massa masih menunjukkan stereotip tertentu yang dapat mempengaruhi pandangan masyarakat dan merugikan pemimpin perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian yang dilakukan oleh media online lokal yakni suaramerdeka.com dan nasional yakni kompas.com selama bulan Agustus mengenai pemberitaan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita). Periode tersebut dipilih karena kegiatan lomba masak nasi goreng yang diadakan Mbak Ita sedang berlangsung. Terdapat 9 artikel berita dari suaramerdeka.com dan 6 artikel berita dari kompas.com. Dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki digunakan untuk melihat cara wartawan memaknai peristiwa dengan tanda yang dimunculkan dalam teks. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian kedua media online tersebut menunjukkan adanya stereotip terhadap pemimpin perempuan dalam budaya patriarki. Suaramerdeka.com pemberitaannya lebih menekankan jika perempuan dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin rentan terhadap kritik, membutuhkan bantuan figur lain dan lebih fokus pada isu sosial. Sedangkan framing kompas.com mengfokuskan jika pemimpin perempuan kurang rasional dan lebih peduli terhadap isu sosial.
Kata Kunci: Framing, Pemimpin Perempuan, Media Massa
Tidak tersedia versi lain