Text
SKRIPSI PENGARUH KONTEN TIKTOK BERKEBAYA @raniaayamin TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KEBAYA DI KALANGAN GENERASI Z
ABSTRAK
NOFI TRIYANTI (2025):
PENGARUH KONTEN TIKTOK BERKEBAYA @raniaayamin TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KEBAYA DI KALANGAN GENERASI Z
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
TikTok salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat yang dapat mengubah perilaku masyarakat. Salah satu faktor yang mengubah perilaku masyarakat yaitu adanya konten yang diunggah oleh influencer. Akun @raniaayamin merupakan salah satu influencer yang membagikan konten berkebaya. Konten-konten tersebut diharapkan dapat membentuk minat menggunakan kebaya. Hal ini dikarenakan penggunaan kebaya di Indonesia semakin menurun karena dianggap ketinggalan zaman terutama di kalangan Generasi Z. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk menjelaskan perbedaan minat menggunakan kebaya sebelum dan sesudah menonton konten TikTok berkebaya @raniaayamin di kalangan Generasi Z menggunakan teori stimulus respon (S-R). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design dengan populasi Generasi Z di Magelang dan sampel 30 responden menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Beda jenis T-test sampel berhubungan. Hasil penelitian ini diperoleh perbedaan rata-rata 13,533 antara pretest dan posttest. Kemudian nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan signifikan. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan minat menggunakan kebaya sebelum dan sesudah menonton konten TikTok berkebaya @raniaayamin di kalangan Generasi Z. Kaitan dengan teori S-R, konten TikTok berkebaya @raniaayamin sebagai stimulus yang diberikan berhasil membentuk respon minat menggunakan kebaya pada audiens.
Kata Kunci: Kebaya, Media Sosial, Minat, Teori S-R, TikTok
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain