Text
SKRIPSI PENGARUH BRAND EQUITY POPOK BAYI MAKUKU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
              ABSTRAK 
(Yessy Cahyaningsih, 2025) 
PENGARUH BRAND EQUITY PRODUK POPOK BAYI MAKUKU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN 
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar 
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena pada beberapa produk dengan kualitas, model, dan karakteristik tambahan yang serupa dapat menunjukkan kinerja pasar yang berbeda karena adanya perbedaan persepsi di berbagai kalangan konsumen. Seperti halnya pada popok bayi Makuku dari PT Lucky Mom Indonesia, yang merupakan produk popok bayi yang belum lama hadir di Indonesia. Untuk dapat bertahan ditengah persaingan, maka perusahaan perlu menciptakan brand equity yang kuat, karena hanya produk dengan brand equity yang kuat dapat mencerminkan persepsi positif konsumen terhadap suatu merek, yang mencakup kualitas, citra, dan nilai yang ditawarkan oleh merek tersebut, yang pada akhirnya berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand equity beserta unsur-unsurnya terhadap loyalitas konsumen produk popok bayi Makuku. Populasi peneltian ini adalah peserta grup Whatsapp Makuku Community Jawa Tengah yang berjumlah 263 peserta dengan sampel berjumlah 73 peserta. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R Square) brand equity adalah sebesar 60%, brand awareness sebesar 38,5%, brand association sebesar 28,4%, perceived quality sebesar 43,1%, dan other proprietary brand assets sebesar 52,2%. Sehingga, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa brand equity berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen baik secara parsial maupun simultan. 
Kata Kunci: Brand Equity, Loyalitas konsumen, dan Makuku
            
Tidak tersedia versi lain