Text
SKRIPSI PENGARUH PENGUASAAN DIKSI DAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO KELAS VIII
Penguasaan diksi dan struktur kalimat merupakan salah satu aspek yang berkontribusi terhadap tingkat keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase yang rendah pada nilai keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Secang dan SMP Negeri 3 Mertoyudan. Rendahnya nilai pada keterampilan menulis teks pidato disebabkan oleh faktor penguasaan diksi dan struktur kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya pengaruh penguasaan diksi dan struktur kalimat terhadap kemampuam menulis teks pidato pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Secang dan SMP Negeri 3 Mertoyudan. Selain itu juga memaparkan besar pengaruh penguasaan diksi dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Secang dan SMP Negeri 3 Mertoyudan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif dengan populasi mencakup siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Secang dan SMP Negeri 3 Mertoyudan dan sampel berjumlah 60 orang. Tes objektif digunakan untuk mengukur penguasaan diksi dan struktur kalimat, serta tes esai untuk membuktikan kemampuan menulis teks pidato. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh penguasaan diksi dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis teks pidato. Hasil ini didapatkan melalui pengujian regresi ganda yang mengindikasikan tingkat signifikansi senilai 0,000. (2) Besar pengaruh penguasaan diksi dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis teks pidato yang dihitung menggunakan uji regresi berganda yaitu sebesar 42,6%. Hasil perhitungan ini dapat menjadi gambaran untuk proses pembelajaran selanjutnya, terutama pada kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 2 Secang dan SMP Negeri 3 Mertoyudan
25-UN57.U1-SIN-VI-2025 | INDONESIA CHA P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain