Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPAK MATERIAL KOMPOSIT BERBAHAN SERAT KARBON DENGAN METODE VARIASI LAMA WAKTU CURING
Permasalahan pada sektor transportasi seperti kecelakaan lalu lintas menjadi perhatian penting, salah satunya disebabkan oleh kondisi kendaraan yang kurang optimal dalam menyerap energi benturan. Oleh karena itu, dibutuhkan material alternatif yang ringan namun memiliki kekuatan mekanik tinggi, salah satunya adalah komposit serat karbon untuk aplikasi bodi kendaraan hemat energi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi lama waktu curing terhadap kekuatan tarik dan impak material komposit berbahan serat karbon. Material komposit dibuat menggunakan serat karbon 3K Twill 220 gsm sebagai penguat dan resin epoksi dengan perbandingan resin:hardener (2:1) sebagai matriks. Proses pembuatan komposit dilakukan dengan kombinasi metode Hand Lay-Up dan Vacuum Bagging, serta variasi waktu curing selama 30 menit, 45 menit, dan 60 menit pada suhu 100°C. Pengujian kekuatan tarik mengacu pada standar ASTM D3039 dan pengujian impak Charpy mengacu pada ASTM E23. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai tegangan tarik tertinggi diperoleh pada
spesimen dengan waktu curing 60 menit sebesar 190,86 MPa, sedangkan modulus elastisitas tertinggi diperoleh pada waktu curing 30 menit sebesar 6.645 MPa. Pada uji impak, energi serap dan ketangguhan impak tertinggi diperoleh pada waktu curing 30 menit dengan nilai masing-masing 1,339 J dan 0,253 J/mm². Dengan demikian, waktu curing 60 menit memberikan kekuatan tarik maksimal, sementara variasi curing 30 menit lebih unggul dalam ketangguhan impak. Penentuan lama waktu curing optimal perlu disesuaikan dengan kebutuhan karakteristik yang lebih spesifik.
37-UN57.U1-STM-VI-2025 | MESIN YUD S 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain