Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ARTIKEL ILMIAH POPULER BERMUATAN BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI MAGELANG
Putri, Punky Agnicya. 2025. "Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Artikel Ilmiah Populer Bermuatan Budaya Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP". Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Dr. Mursia Ekawati, M.Hum.
Kata kunci: bahan ajar, artikel ilmiah populer, budaya lokal, handout
Keterampilan menulis, termasuk menulis artikel ilmiah populer merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, ditemukan bahwa bahan ajar yang digunakan di kelas VIII SMP masih terbatas pada buku teks terbitan pemerintah yang bersifat umum dan kurang kontekstual. Hal ini menyebabkan siswa kurang mampu menuangkan argumen dalam sebuah artikel.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar menulis artikel ilmiah populer bermuatan budaya lokal, (2) menemukan prinsip pengembangannya, dan (3) menghasilkan desain bahan ajar yang sesuai untuk siswa kelas VIII SMP. Fokus utama penelitian ini adalah memperkaya materi ajar agar lebih dekat dengan lingkungan siswa dengan mengintegrasikan budaya lokal Magelang.
Metode penelitian yang digunakan ialah prosedur R&D yang dipaparkan oleh Sugiyono (2013), dibatasi sampai tahap revisi desain. Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk memastikan keakuratan dan kedalaman informasi yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar yang kontekstual, sederhana, autentik, dan relevan dengan capaian pembelajaran (CP). Topik artikel ilmiah populer yang dipilih siswa ialah makanan tradisional Magelang. Prinsip pengembangan bahan ajar dirumuskan dalam akronim PEKA
(Proporsional, Eksplorasi, Kontekstual, dan Autentik). Desain handout mencakup kover, informasi umum, materi, contoh dan pembahasan yang kontekstual, gambar dan ilustrasi, refleksi siswa, latihan, serta daftar pustaka. Hasil validasi menunjukkan kriteria sangat baik dari ahli media (97,32%), ahli materi (85,22%),
dan guru bahasa Indonesia (88,23%). Bahan ajar yang dikembangkan menurut validator sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Peneliti merekomendasikan agar handout ini digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran menulis artikel ilmiah populer. Guru diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar ini lebih lanjut sesuai kebutuhan. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar bagi penelitian berikutnya dalam menguji keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan.
26-UN57.U1-SIN-VI-2025 | INDONESIA PUT P 2025 | Ruang Skripsi (INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain