Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Sari, Kurnia A. 2025. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Concrete Pictorial Abstract, pemahaman konsep matematis
Pemahaman konsep matematis memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep matematis merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperbaiki kemampuan peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika.
Berdasarkan hasil tes kemampuan awal peserta didik SMP Muhammadiyah 5 Kandangan, diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tergolong rendah dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 40,76. Di samping itu, berdasarkan analisis kebutuhan, observasi, dan wawancara diperoleh hasil bahwa masih kurangnya inovasi dan kurang optimalnya pemanfaatan bahan ajar serta teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi seperti pemanfaatan bahan ajar berbasis teknologi untuk mendukung kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D yang meliputi tahap define, design, development, dan disseminate untuk mengembangkan E-LKPD matematika materi transformasi geometri. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IXB SMP Muhammadiyah 5 Kandangan sejumlah 28 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar elektronik, angket validasi ahli, angket kepraktisan, pedoman wawancara, lembar observasi, serta soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan analisis kepraktisan, kevalidan, dan keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E LKPD berbasis pendekatan CPA memenuhi syarat valid dengan persentase kevalidan media dan materi berturut-turut sebesar 84,8% dan 87,6%, 2) E-LKPD berbasis pendekatan CPA memenuhi syarat praktis dengan perolehan persentase kepraktisan sebesar 77,4%, dan 3) E-LKPD berbasis pendekatan CPA efektif untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. (2- tailed) pada uji Paired Sample T-Test sebesar 0.000 menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pada peserta didik dan hasil uji N-Gain sebesar 0,547 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan CPA yang dikembangkan ini memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, E-LKPD ini dapat digunakan dalam pembelajaran terutama untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Saran bagi peneliti lain adalah untuk mengembangkan produk ini pada materi lain dengan software yang memiliki fitur lebih luas serta memperluas aktivitas atau latihan soal di dalamnya.
23-UN57.U1-SPM-VI-2025 | MATEMATIKA SAR P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain