Text
SKRIPSI ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKATERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP
Pembelajaran dalam sekolah merupakan hal yang dilakukan secara terus dan berulang oleh guru dengan siswanya. Pembelajaran akan terasa nyaman ketika siswa bersemangat dalam pembelajaran. Semangat belajar siswa ini yang merupakan hal penting dalam pembelajaran di era saat ini. Siswa dalam mengikuti pembelajaran ketika tidak memiliki minat belajar maka akan membuat pembelajaran terasa sulit. Implementasi Kurikulum Merdeka ini diterapkan supaya dapat memberikan dampak yang tepat terhadap minat belajar siswa. Komponen yang dapat memberikan dampak dari Kurikulum Merdeka terhadap motivasi belajar siswa ada beberapa dari persiapan hingga saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen Kurikulum Merdeka yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di 5 SMP yang merupakan sampel dari 13 SMP Negeri di Magelang dengan tiga tingkatan. Untuk tingkatan atas terdapat SMP Negeri 3 Magelang dan SMP Negeri 4 Magelang kemudian SMP tingkatan tengah terdapat SMP Negeri 9 Magelang dan untuk tingkatan yang rendah ada SMP Negeri 11 Magelang dan SMP Negeri 13 Magelang. Penelitian ini menggunakan triangulasi data dengan analisis modul ajar guru IPA di SMP,wawancara guru dan siswa kelas VII menggunakan snowball random sampling dalam pengambilan angket. Hasil analisis data menunjukkan implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak terhadap motivasi belajar siswa pada 5 sekolah sampel yang mengimplementasikan Kurikulum tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum membuat naik turun motivasi belajar siswa mulai dari persiapan pembelajaran hingga saat pembelajaran. Persiapan pembelajaran, strategi dan model pembelajaran yang diberikan oleh guru merupakan komponen yang harus
terpenuhi untuk motivasi belajar siswa tinggi, sehingga dalam pembelajaran IPA harus sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan dengan baik dengan memenuhi indikator dalam motivasi belajar siswa yang menjadi tinggi. Kurikulum Merdeka diimplementasikan memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa SMP.
22-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA DES A 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain