Text
SKRIPSI KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS PIDATO JOKO WIDODO HUT RI TAHUN 2019-2024 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS PIDATO UNTUK KELAS VIII SMP
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami penggunaan kohesi leksikal dalam teks pidato kenegaraan, khususnya pidato Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT RI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis
dan (2) fungsi kohesi leksikal serta (3) implementasinya sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode simak dan teknik catat sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL). Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik baca markah dan teknik ganti. Hasil analisis disajikan menggunakan metode deskriptif formal dan informal dengan teknik deskriptif naratif dan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis kohesi leksikal dalam teks pidato Presiden Joko Widodo, yaitu repetisi (epizeuksis, tautotes, anafora, epistrofa, simploke, mesodiplosis, epanalepsis, anadiplosis), sinonimi (morfem terikat dengan morfem bebas, kata dengan kata, kata dengan frasa atau sebaliknya, frasa dengan frasa, klausa/kalimat dengan klausa/kalimat), antonimi (oposisi mutlak, oposisi kutub, oposisi hubungan, oposisi hirarkial, oposisi majemuk), kolokasi,
hiponimi, dan ekuivalensi. Fungsi kohesi leksikal dalam teks pidato tersebut meliputi penegasan gagasan, mempertahankan topik wacana, menciptakan kepaduan wacana, dan membangun kesan emotif. Hasil penelitian ini
diimplementasikan menjadi bahan ajar dalam bentuk handout materi teks pidato bagi siswa kelas VIII SMP yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran dalam kurikulum merdeka.
28-UN57.U1-SIN-VI-2025 | INDONESIA LAR K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain