Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA) BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Hasil tes awal pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempuran menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih kurang. Hasil observasi di kelas menunjukkan bahwa siswa masih belum paham dengan materi yang dijelaskan dan
belum dapat menyelesaikan soal yang diberikan guru serta penggunaan media pembelajaran belum dapat meningkatkan kemampuan siswa secara maksimal. Maka, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memanfaatkan media pembelajaran tertentu sehingga peneliti memilih model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) berbantuan Math City Map. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah setelah diajar dengan menggunakan Model Eliciting Activities (MEA) berbantuan Math City Map, serta pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan MEA berbantuan Math City Map dibandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen berbentuk pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode cluster random sampling. Adapun kelas yang terpilih ialah kelas IX F menjadi kelas kontrol dan kelas IX G menjadi kelas eksperimen.Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, pedoman wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, serta lembar validasi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
24-UN57.U1-SPM-VI-2025 | MATEMATIKA NUR P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain