PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

AMANDA SAKINAH - Nama Orang;

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad ke21 yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran
masih berfokus pada hafalan dan belum mampu mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah model pembelajaran Treffinger. Model ini terdiri atas tiga tahapan, yaitu memahami tantangan (understanding challenge), membangkitkan gagasan (generating idea), dan mempersiapkan tindakan (preparing for action). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Treffinger
efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control
group design. Penelitian di SMP Negeri 1 Bandongan dilakukan dengan sampel kelas Ⅶ A dan Ⅶ B. Pemilihan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test pada nilai pretest adalah
0,938 > 0,05 yang berarti kedua kelas tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena belum adanya perlakuan pada kedua kelas, sedangkan pada nilai posttest menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 0,81 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Dengan demikian model
pembelajaran Treffinger efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.


Ketersediaan
23-UN57.U1-SI-VI-2025IPA SAK K 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SAK K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;149 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik