Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS EKOLITERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA DAN KARAKTER KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMP
Keterampilan pemecahan masalah termasuk dalam keterampilan abad 21 yang penting untuk diajarkan kepada siswa, karena masih terdapat siswa yang belum mampu menyusun atau memberi solusi terhadap suatu persoalan yang
berkaitan dengan masalah lingkungan. Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan berpikir yang memengaruhi pembentukan karakter siswa. Rendahnya kesadaran siswa terhadap lingkungan dapat menjadi sebab penurunan karakter
kesadaran lingkungan. Model Experiential Learning menekankan proses pembelajaran berdasarkan pengalaman. Model Experiential Learning pada pembelajaran IPA yang berkaitan dengan materi ekologi dan keanekaragaman hayati dapat dimaksimalkan dengan ekoliterasi. Literasi ekologi dapat membantu mengembangkan konsep pengetahuan yang dimiliki dan dialami oleh siswa.
ujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Experiential Learning berbasis ekoliterasi terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP, serta (2) mengetahui keefektifan
model pembelajaran Experiential Learning berbasis ekoliterasi terhadap peningkatan karakter kesadaran lingkungan siswa SMP
24-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA KHU E 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain