Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI IPA DAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Kemampuan kolaborasi dan literasi sains menjadi indikator penting di era pembelajaran saat ini. Kemampuan kolaborasi penting dalam mengasah keterlibatan dan keaktifan siswa untuk menghasilkan suatu keputusan. Disisi lain, literasi sains menjadi bekal siswa dalam revolusi industri sehingga dapat dinamis terhadap kemajuan zaman. Pentingnya kedua kemampuan tersebut berbanding terbalik dengan keadaan di lapangan. Faktanya nilai kemampuan literasi sains dan kolaborasi siswa masih di bawah rata-rata. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa rendahnya kedua kemampuan tersebut dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain And Create (RADEC). Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis keefektifan model
pembelajaran RADEC dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi IPA siswa SMP serta (2) menganalisis keefektifan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menerapkan quasi experimental nonequivalent control grup design. Sampel penelitian meliputi siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Data diperoleh dari hasil lembar kuesioner kemampuan kolaborasi serta hasil nilai pretest dan posttest kemampuan literasi sains.
25-UN57.U1-SI-VI-2025 | IPA SOF K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain