Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS TERHADAP PERILAKU PENERIMA MANFAAT LAYANAN INSTALASI TERAPI KHUSUS (ITK) DI SENTRA TERPADU “KARTINI” KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Fasilitas Terhadap Perilaku Penerima Manfaat Layanan Instalasi Terapi Khusus di Sentra Terpadu “Kartini” Kabupaten Temanggung. Dyah Nariswari Kusumaningrum Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar Disabilitas merupakan ketidakmampuan individu dalam melaksanakan aktivitas secara normal, sehingga hal ini sangat mempengaruhi kaum difabel dalam menempuh pendidikan, keterbatasan dalam bekerja, masalah kesehatan dan sebagainya. Pemerintah telah berupaya untuk mengatasi hal tersebut antara lain dengan program ATENSI salah satunya adalah diselenggarakannya Layanan Instalasi Terpadu (ITK) yang dilaksanakan oleh UPT Sentra Terpadu “Kartini “di Kabupaten Temanggung. Dalam usahanya untuk menarik minat para kaum difabel, ITK Terpadu “Kartini” telah berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas guna mempengaruhi perilaku para penerima manfaat agar menggunakan fasilitas tersebut secara berkelanjutan. Namun demikian perlu diadakan penelitian guna mengetahui apakah kedua variabel itu benar-benar dapat mempengaruhi perilaku penerima manfaat. Adapun metode penelitian ini adalah menggunakan metode Explanatory Research. Metode pengumpulan data melalui obsevasi, kuesioner dan wawancara. Lokasi penelitian adalah di Layanan ITK Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sentra Terpadu “Kartini” Kabupaten Temanggung. Sampel yang diambil adalah sebanyak 57 orang dari 129 Populasi yang ada dengan menggunakan rumus Slovin. Setelah dilakukan uji statistik diperoleh hasil sebagai berikut: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap perilaku penerima manfaat layanan ITK dengan hasil t-hitung sebesar 5,522 > dari t-tabel yaitu 1,673 (Tabel 1.48) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap perilaku penerima manfaat ITK di Sentra Terpadu “Kartini” terbukti. Adapun nilai determinasi adalah sebesar 35,6 %. Kelengkapan fasilitas berpengaruh terhadap Perilaku penerima manfaat layanan ITK dengan pembuktian t-hitung sebesar 6,707 > dari t-tabel yaitu 1,673 (Tabel 1.50) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh kelengkapan fasilitas terhadap perilaku penerima manfaat ITK di Sentra Terpadu Terpadu “Kartini” terbukti. Adapun nilai determinasi sebesar 45 %. Sedangkan uji mengenai terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap perilaku penerima manfaat layanan ITK di Sentra Terpadu “Kartini” Kabupaten Temanggung terbukti yaitu F-hitung sebesar 24,814 > F-tabel 3,17 (Tabel 1.54) dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai determinasi sebesar 47,8 %.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Fasilitas, Perilaku Penerima Manfaat Layanan Publik, Pelayanan Disabilitas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain