Text
SKRIPSI EVALUASI STRATEGI PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SINDOLALAK) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO
ABSTRAK
EVALUASI STRATEGI PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SINDOLALAK) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO
Dea Wahyu Septiani (2120201099)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Aplikasi Sindolalak merupakan aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online dan android yang diluncurkan pada tahun 2021. Aplikasi Sindolalak diciptakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Purworejo serta menjadi sebuah strategi untuk mengatasi permasalahan sistem yang telah ada. Aplikasi ini digunakan untuk memberikan kemudahan akses dan efisiensi waktu. Namun dalam penerapannya masih sedikit masyarakat yang mengunduh aplikasi tersebut di playstore serta adanya kendala yang dialami masyarakat dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi strategi penerapan aplikasi Sindolalak pada Disdukcapil Kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data nya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kriteria evaluasi strategi dalam penerapan aplikasi Sindolalak. Dari keempat kriteria evaluasi strategi tersebut terdapat dua kriteria evaluasi strategi yang terpenuhi kriterianya, yaitu pada aspek konsistensi adanya konsistensi antara visi dan misi dengan penerapan aplikasi Sindolalak dan tidak adanya perubahan terkait visi misi yang dipakai; serta pada aspek keunggulan terdapat posisi aplikasi Sindolalak yang berhasil meraih prestasi di berbagai perlombaan serta keterampilan pegawai yang mampu menangani setiap keluhan masyarakat. Sedangkan dua kriteria evaluasi strategi lainnya hanya sebagian kriteria terpenuhi yakni pada aspek kesesuaian antara perencanaan dengan implementasi sudah sesuai dalam hal memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memang sudah paham terhadap aplikasi tersebut. Namun bagi masyarakat yang kurang melek IT masih merasa kesulitan dalam menggunakan; serta pada aspek kelayakan kendalanya terletak pada terbatasnya anggaran untuk kebutuhan aplikasi Sindolalak.
Kata Kunci: Administrasi Kependudukan, Evaluasi Strategi, Pelayanan Digital, Aplikasi Sindolalak
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain