Text
SKRIPSI PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMA DAN SMK DI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Murtiningtyas, Dyah Anggraeni. 2020.
"Pengaruh Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA dan SMK di Kabupaten Temanggung."
Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar.
Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Kemampuan menulis karya ilmiah dipengaruhi oleh penguasaan kosakata siswa. Menulis karya ilmiah membutuhkan kosakata yang memadai untuk menyampaikan ide dan argumen secara jelas. Membaca secara rutin dapat meningkatkan penguasaan kosakata. Semakin tinggi frekuensi membaca, semakin luas kosakata yang dikuasai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa belum memenuhi standar yang diharapkan, terutama karena kurangnya kebiasaan membaca dan rendahnya motivasi untuk memperkaya kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Sampel penelitian terdiri dari 96 siswa yang dipilih secara acak dari dua sekolah, yaitu SMAN 1 Parakan dan SMK Muhammadiyah Ngadirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca, tes penguasaan kosakata, dan tes kemampuan menulis karya ilmiah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier ganda untuk melihat pengaruh kemampuan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca memberikan kontribusi sebesar 11,64% terhadap kemampuan menulis karya ilmiah, sementara penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 12,80%. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 24,4% terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan penguasaan kosakata secara signifikan memengaruhi keterampilan menulis karya ilmiah siswa. Pengembangan keterampilan menulis karya ilmiah siswa sangat bergantung pada kemampuan membaca dan penguasaan kosakata mereka. Oleh karena itu, peningkatan kedua kemampuan tersebut perlu menjadi fokus dalam pembelajaran di SMA dan SMK. Dengan demikian, kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan melalui program literasi yang terintegrasi dengan peningkatan kosakata.
Kata Kunci: kemampuan menulis, membaca, kosakata, penguasaan, karya ilmiah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain