Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 BANDONGAN
Kata Kunci : Modified Free Inquiry, Sistem Imun, Kemampuan Analitis
Salah satu elemen fundamental dalam keterampilan HOTS adalah kemampuan berpikir analitis. Namun, realita saat ini kemampuan analitis siswa masih tergolong rendah dan belum terbentuk secara optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran yang diterapkan belum mampu untuk melatih dan memberdayakan kemampuan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi untuk mengoptimalkan kemampuan analitis adalah model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran MFI terhadap kemampuan berpikir analitis siwa di SMAN 1 Bandongan pada materisistem imun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase F di SMAN 1 Bandongan. Adapun sampel penelitian yang digunakan kelas XI-FD1 sebagai kelas kontrol dan XI-FB1 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan analitis dalam bentuk pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan bantuan program SPSS 24 dengan uji Ancova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan akhir berpikir analitis memberikan nilai sig.2 (2-tailed) 0,00 < 0,05 atau H1 diterima. Sementara itu berdasarkan tiap dimensi kemampuan analitis, model MFI terbukti dapat memberikan tren positif terhadap kemampuan analitis siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor perolehan rerata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol pada dimensi matching, classifying, analyzing errors, generalizing, dan specifying. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi sistem imun di SMAN 1 Bandongan dengan memberikan tren positif terhadap tiap dimensi kemampuan analitis.
31-UN57.U1-SPB-VI-2025 | BIOLOGI RIZ P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain