Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 4 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keterlibatan peserta didik, masih banyak peserta didik yang hasil belajar kognitifnya di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, media yang digunakan terbatas pada penggunaan buku biologi saja, serta model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga kurang bisa mengoptimalkan keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall terhadap keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang. Sampel penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian pada keterlibatan peserta didik menunjukan rata-rata total kelas eksperimen yaitu 68 termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan rata-rata total kelas kontrol yaitu 46 termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Pada hasil belajar kognitif nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 59,58. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 64,06. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata pretest memperoleh nilai sig sebesar 0,054 > 0,05 yang artinya kemampuan awal kelas kontrol dan kelas eksperimen sama. Sedangkan pada hasil belajar kognitif nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol diperoleh sebesar 79,14 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 85,75. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata posttest memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 4 Magelang.
32-UN57.U1-SPB-VI-2025 | BIOLOGI KUR P 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain