PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 4 MAGELANG

AULIA INDAH KURNIATI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keterlibatan peserta didik, masih banyak peserta didik yang hasil belajar kognitifnya di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, media yang digunakan terbatas pada penggunaan buku biologi saja, serta model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga kurang bisa mengoptimalkan keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall terhadap keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang. Sampel penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian pada keterlibatan peserta didik menunjukan rata-rata total kelas eksperimen yaitu 68 termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan rata-rata total kelas kontrol yaitu 46 termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Pada hasil belajar kognitif nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 59,58. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 64,06. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata pretest memperoleh nilai sig sebesar 0,054 > 0,05 yang artinya kemampuan awal kelas kontrol dan kelas eksperimen sama. Sedangkan pada hasil belajar kognitif nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol diperoleh sebesar 79,14 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 85,75. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata posttest memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap keterlibatan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 4 Magelang.


Ketersediaan
32-UN57.U1-SPB-VI-2025BIOLOGI KUR P 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI KUR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;159 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, DAPUS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik