Text
SKRIPSI HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN KOTA MAGELANG
Hasil belajar mencerminkan perkembangan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Namun, rendahnya keyakinan diri dan kurangnya motivasi dapat menjadi hambatan dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Rendahnya self-efficacy dan motivasi belajar masih terlihat pada peserta didik kelas XI MIPA MAN Kota Magelang. Peserta didik tersebut menunjukkan keraguan terhadap kemampuan diri terutama ketika menghadapi materi yang dianggap sulit. Selain itu, peserta didik juga cenderung kurang aktif dalam pembelajaran yang terlihat dari minimnya partisipasi di kelas dan rendahnya inisiatif untuk bertanya. Hal ini berimbas pada pencapaian hasil belajar yang diperoleh. Dengan demikian, fokus utama penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, serta kombinasi antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA di MAN Kota Magelang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan, kuat, dan positif antara self-efficacy dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,666. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan diri peserta didik terhadap kemampuannya, semakin baik pula hasil belajar yang dicapainya. Selain itu, terdapat hubungan signifikan, kuat, dan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,646. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik. Terakhir, hasil penelitian juga mengungkapkan adanya hubungan signifikan, kuat, dan positif antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar secara keseluruhan dengan nilai korelasi sebesar 0,695. Dengan kata lain, tingkat keyakinan diri yang tinggi, ditambah dengan motivasi belajar yang kuat dapat saling mendukung untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
30-UN57.U1-SPB-VI-2025 | BIOLOGI SAR H 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain