PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN KOTA MAGELANG

DIFA ARUM SARI - Nama Orang;

Hasil belajar mencerminkan perkembangan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Namun, rendahnya keyakinan diri dan kurangnya motivasi dapat menjadi hambatan dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Rendahnya self-efficacy dan motivasi belajar masih terlihat pada peserta didik kelas XI MIPA MAN Kota Magelang. Peserta didik tersebut menunjukkan keraguan terhadap kemampuan diri terutama ketika menghadapi materi yang dianggap sulit. Selain itu, peserta didik juga cenderung kurang aktif dalam pembelajaran yang terlihat dari minimnya partisipasi di kelas dan rendahnya inisiatif untuk bertanya. Hal ini berimbas pada pencapaian hasil belajar yang diperoleh. Dengan demikian, fokus utama penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, serta kombinasi antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA di MAN Kota Magelang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan, kuat, dan positif antara self-efficacy dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,666. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan diri peserta didik terhadap kemampuannya, semakin baik pula hasil belajar yang dicapainya. Selain itu, terdapat hubungan signifikan, kuat, dan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,646. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik. Terakhir, hasil penelitian juga mengungkapkan adanya hubungan signifikan, kuat, dan positif antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar secara keseluruhan dengan nilai korelasi sebesar 0,695. Dengan kata lain, tingkat keyakinan diri yang tinggi, ditambah dengan motivasi belajar yang kuat dapat saling mendukung untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Ketersediaan
30-UN57.U1-SPB-VI-2025BIOLOGI SAR H 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI SAR H 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;174HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik