PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA N 2 TEMANGGUNG

NATASYA NELA ZAGITA - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yakni quasi eksperimen dengan design penelitian non-equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X-D dan X-I, kelas X-D sebagai kelas kontrol dan kelas X-I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa tes, lembar skala motivasi belajar, lembar observasi, dan modul ajar. Perolehan data dalam penelitian ini yaitu data dari pretest dan posttest materi ekosistem, serta hasil pengisian skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan uji Ancova. Hasil analisis data diperoleh hasil pada keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat
perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada motivasi belajar diperoleh hasil dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan motivasi belajar pada kelas yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar berdasarkan dari uji hipotesis uji Ancova terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem.


Ketersediaan
28-UN57.U1-SPB-VI-2025BIOLOGI ZAG P 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ZAG P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;163HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik