Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA N 2 TEMANGGUNG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yakni quasi eksperimen dengan design penelitian non-equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X-D dan X-I, kelas X-D sebagai kelas kontrol dan kelas X-I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa tes, lembar skala motivasi belajar, lembar observasi, dan modul ajar. Perolehan data dalam penelitian ini yaitu data dari pretest dan posttest materi ekosistem, serta hasil pengisian skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan uji Ancova. Hasil analisis data diperoleh hasil pada keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat
perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada motivasi belajar diperoleh hasil dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan motivasi belajar pada kelas yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar berdasarkan dari uji hipotesis uji Ancova terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem.
28-UN57.U1-SPB-VI-2025 | BIOLOGI ZAG P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain