PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRISPI STUDI KORELASI ANTARA AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI BERDASARKAN GENDER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG

M. HAWIN FAZA - Nama Orang;

Teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga mendorong peningkatan penggunaan gadget dan internet sebagai media komunikasi dan hiburan. Salah satunya adalah game online yang telah menjadi gaya
hidup bagi banyak orang termasuk siswa sekolah. Aktivitas bermain game online tentunya berdampak positif dan negatif tergantung pada intensitas dan self control siswa. Adanya temuan di SMA Muhammadiyah 1 Magelang seperti sebagian siswa cenderung bermain game online ketika jam kosong maupun dalam proses pembelajaran sehingga adanya kemungkinan berdampak pada hasil belajar kognitif terutama dalam pembelajaran biologi. Anggapan siswa bahwa biologi termasuk mata pelajaran yang sulitkarena adanya istilah asing dan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan kondisi siswa. Selain itu, adanya perbedaan hasil belajar biologi berdasarkan gender siswa, dimana siswa perempuan memiliki hasil belajar
kognitif biologi lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Oleh karena itu, gender yang berbeda pada siswa kemungkinan memberikan perbedaan pada aktivitas bermain game online dan hasil belajar kognitif biologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan aktivitas bermain game online dan hasil belajar kognitif biologi siswa di SMA Muhammadiyah 1 Magelang serta mengetahui hubungan aktivitas bermain game online dan hasil belajar kognitif biologi berdasarkan gender siswa di SMA
Muhammadiyah 1 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang dengan sampel yang digunakan adalah 92 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas bermain game online memiliki korelasi dengan hasil belajar kognitif biologi dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,515 atau korelasi “sedang”, Sedangkan berdasarkan gender, siswa laki-laki memiliki korelasi yang lebih tinggi daripada siswa perempuan yaitu -0,592 atau korelasi “sedang” dan siswa perempuan dengan korelasi sebesar -0,357 atau korelasi “rendah”. Oleh karena itu, semakin tinggi aktivitas bermain game online maka semakin rendah hasil belajar kognitif biologi begitu juga sebaliknya yang terjadi pada siswa laki laki dan perempuan di SMA Muhammadiyah 1 Magelang.


Ketersediaan
26-UN57-U1-SPB-VI-2025BIOLOGI FAZ S 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI FAZ S 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;163 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, DAPUS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik