Text
SKRIPSI PENGARUH THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA) BERBANTUAN KARTU BERANGKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Concrete Representational Abstract (CRA), kartu berangka, kemampuan pemahaman konsep matematis
Kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, karena merupakan aspek yang menjadi penilaian dalam pembelajaran yang memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menerima dan memahami konsep dasar. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grabag, diperoleh rata-rata 26,66, yang artinya masuk ke dalam kategori sangat rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung dan masih belum memanfaatkan media pembelajaran, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) berbantuan kartu berangka dapat diterapkan dalam pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi guna menemukan konsep dengan bantuan benda nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model TPS berbasis pendekatan CRA berbantuan kartu berangka. Tujuan berikutnya menganalisis pengaruh model TPS berbasis pendekatan CRA berbantuan kartu berangka dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dan desain eksperimental yang digunakan yaitu nonequivalent posttest-only control group design. Sampel berasal dari siswa kelas XI F-5 sebagai kelas eksperimen dan F-8 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Grabag yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis, pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji F).
Kemudian analisis data awal dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test dan data akhir dengan uji proporsi dan uji independent sample t-test.
31-UN57.U1-SPM-VI-2025 | MATEMATIKA MAY P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain