PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA) BERBANTUAN KARTU BERANGKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

LIA MAYMONA - Nama Orang;

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Concrete Representational Abstract (CRA), kartu berangka, kemampuan pemahaman konsep matematis
Kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, karena merupakan aspek yang menjadi penilaian dalam pembelajaran yang memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menerima dan memahami konsep dasar. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grabag, diperoleh rata-rata 26,66, yang artinya masuk ke dalam kategori sangat rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung dan masih belum memanfaatkan media pembelajaran, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) berbantuan kartu berangka dapat diterapkan dalam pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi guna menemukan konsep dengan bantuan benda nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model TPS berbasis pendekatan CRA berbantuan kartu berangka. Tujuan berikutnya menganalisis pengaruh model TPS berbasis pendekatan CRA berbantuan kartu berangka dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dan desain eksperimental yang digunakan yaitu nonequivalent posttest-only control group design. Sampel berasal dari siswa kelas XI F-5 sebagai kelas eksperimen dan F-8 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Grabag yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis, pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji F).
Kemudian analisis data awal dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test dan data akhir dengan uji proporsi dan uji independent sample t-test.


Ketersediaan
31-UN57.U1-SPM-VI-2025MATEMATIKA MAY P 2025Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA MAY P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;289HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik