Text
SKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBASIS SOAL SETARA PISA
Kata Kunci: kemampuan berpikir komputasional matematis, model pembelajaran SSCS, self-esteem, soal setara PISA
Kurikulum pendidikan abad 21 ini, khususnya dalam pembelajaran matematika, sangat terpengaruh dengan kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan kognitif yang memiliki cakupan dan pengaruh luas terhadap pembelajaran matematika adalah Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis (KBKM). Kemampuan tersebut berkaitan erat dengan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan literasi, komunikasi, kreativitas, dan berpikir kritis. Namun, fakta mengenai kemampuan tersebut di SMP Negeri 13 Magelang berada pada kategori rendah, berdasarkan nilai rerata tes kemampuan awal yaitu sebesar 33,73. Selain itu, masih jarang diterapkan soal setara PISA sebagai latihan dan masih sering menerapkan model pembelajaran langsung.
Tidak tersedia versi lain