PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING PADA PLATFORM EDUKATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

SALSA RAHMA FADHILA - Nama Orang;

Kata kunci: metode microlearning, platform Edukati, kemampuan pemahaman konsep matematis Penguasaan konsep matematika merupakan pondasi yang penting bagi siswa untuk menghindari kendala dalam proses belajar. Namun, faktanya, masih banyak siswa yang menghadapi tantangan dalam memahami konsep-konsep tersebut. Hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII A SMP Negeri 9 Magelang menunjukkan skor rata-rata yang mencapai 43,75, mengindikasikan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Salah satu faktornya, yaitu penggunaan media pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan microlearning pada platform Edukati guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development, Disseminate) menurut Thiagarajan. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Magelang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Magelang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Untuk menguji kevalidan digunakan penilaian dari ahli menggunakan instrumen berupa angket validasi, kepraktisan dinilai berdasarkan respon siswa dan guru menggunakan angket kepraktisan, dan keefektifan dinilai berdasarkan nilai pretest dan nilai posttest kemampuan pemahaman konsep matematis yang diuji menggunakan uji Paired Sample T-Test yang dilanjutkan dengan uji N-Gain apabila hasil uji Paired Sample T-Test menyatakan media pembelajaran efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dengan persentase sebesar 82% pada aspek materi dan 86% pada aspek media. Hasil kepraktisan memperoleh persentase sebesar 79,06% dari siswa dan 78,13% dari guru dengan kategori praktis. Selain itu, media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati dinyatakan efektif dengan skor N-Gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika untuk memfasilitasi siswa dalam memahami konsep dasar matematika. Selanjutnya, media pembelajaran ini dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan siswa serta dapat diterapkan pada pembelajaran yang lain.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA FAD P 2025
33-UN57.U1-SPM-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FAD P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;256HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?