Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING PADA PLATFORM EDUKATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Kata kunci: metode microlearning, platform Edukati, kemampuan pemahaman konsep matematis Penguasaan konsep matematika merupakan pondasi yang penting bagi siswa untuk menghindari kendala dalam proses belajar. Namun, faktanya, masih banyak siswa yang menghadapi tantangan dalam memahami konsep-konsep tersebut. Hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII A SMP Negeri 9 Magelang menunjukkan skor rata-rata yang mencapai 43,75, mengindikasikan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Salah satu faktornya, yaitu penggunaan media pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan microlearning pada platform Edukati guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development, Disseminate) menurut Thiagarajan. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Magelang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Magelang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Untuk menguji kevalidan digunakan penilaian dari ahli menggunakan instrumen berupa angket validasi, kepraktisan dinilai berdasarkan respon siswa dan guru menggunakan angket kepraktisan, dan keefektifan dinilai berdasarkan nilai pretest dan nilai posttest kemampuan pemahaman konsep matematis yang diuji menggunakan uji Paired Sample T-Test yang dilanjutkan dengan uji N-Gain apabila hasil uji Paired Sample T-Test menyatakan media pembelajaran efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dengan persentase sebesar 82% pada aspek materi dan 86% pada aspek media. Hasil kepraktisan memperoleh persentase sebesar 79,06% dari siswa dan 78,13% dari guru dengan kategori praktis. Selain itu, media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati dinyatakan efektif dengan skor N-Gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis microlearning pada platform Edukati valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika untuk memfasilitasi siswa dalam memahami konsep dasar matematika. Selanjutnya, media pembelajaran ini dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan siswa serta dapat diterapkan pada pembelajaran yang lain.
Tidak tersedia versi lain