Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Nearpod, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami materi dimana siswa mampu menjelaskan kembali konsep ke dalam bentuk yang mudah dipahami, memberi contoh serta bukan contoh, mengklasifikasikan objek berdasarkan sifatnya, menampilkan representasi matematis serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis penting dimiliki karena dapat mendorong kemampuan matematika yang lain, misalnya komunikasi matematika, penalaran matematika, representasi matematika, serta penuntasan persoalan matematika. Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Syubbanul Wathon yang masih tergolong kurang. Kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan kerena beberapa masalah berdasarkan fakta yang ditemukan selama penggunaan model pembelajaran matematika di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model two stay two stray berbantuan nearpod secara klasikal. Tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent posttest only control group. Pengambilan sampel penelitian ini melalui cluster random sampling didapatkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket, dokumentasi, serta tes kemampuan awal dan posttest kemampuan pemahaman konsep.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod mencapai ketuntasan secara klasikal, dan (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Saran yang diajukan berdasarkan penelitian yaitu model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dapat diterapkan dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan materi lain. Selain itu, penerapan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod memakan waktu yang relatif lama, sehingga disarankan agar siswa duduk berdasarkan kelompoknya sebelum kelas dimulai.
Tidak tersedia versi lain