PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

ERINA NURMAIDA - Nama Orang;

Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Nearpod, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami materi dimana siswa mampu menjelaskan kembali konsep ke dalam bentuk yang mudah dipahami, memberi contoh serta bukan contoh, mengklasifikasikan objek berdasarkan sifatnya, menampilkan representasi matematis serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis penting dimiliki karena dapat mendorong kemampuan matematika yang lain, misalnya komunikasi matematika, penalaran matematika, representasi matematika, serta penuntasan persoalan matematika. Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Syubbanul Wathon yang masih tergolong kurang. Kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan kerena beberapa masalah berdasarkan fakta yang ditemukan selama penggunaan model pembelajaran matematika di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model two stay two stray berbantuan nearpod secara klasikal. Tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent posttest only control group. Pengambilan sampel penelitian ini melalui cluster random sampling didapatkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket, dokumentasi, serta tes kemampuan awal dan posttest kemampuan pemahaman konsep.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod mencapai ketuntasan secara klasikal, dan (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Saran yang diajukan berdasarkan penelitian yaitu model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod dapat diterapkan dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan materi lain. Selain itu, penerapan model pembelajaran two stay two stray berbantuan nearpod memakan waktu yang relatif lama, sehingga disarankan agar siswa duduk berdasarkan kelompoknya sebelum kelas dimulai.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NUR P 2025
30-UN57.U1-SPM-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NUR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;217HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?