PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVITY, CLASSROOM DISCUSSION, EXERCISE (ACE) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP

NARISYA DIAR PERMANA - Nama Orang;

Kata Kunci: Activity classroom discussion exercise, etnomatematika, kemampuan literasi numerasi Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan untuk menggunakan angka dan simbol matematika untuk menyelesaikan masalah konteks kehidupan sehari – hari. Namun demikian, dalam tes awal kemampuan literasi numerasi yang dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Magelang, didapatkan skor rata – rata 36,49 yang termasuk dalam kategori rendah. Oleh karena itu, model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik minat siswa untuk berpartisipasi aktif dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis kemampuan literasi numerasi yang diajar menggunakan model ACE berbasis etnomatematika dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran langsung, dan 2) menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa setalah diajar menggunakan model ACE berbasis Etnomatematika dengan kemampuan literasi numerasi siswa sebelum diajar menggunakan model ACE berbasis Etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design dengan cluster random sampling. Kelas VIII C terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, dan soal tes kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji liliefors) dan homogenitias (uji F). Kemudian analisis data awal dilakukan menggunakan uji idependent sample t-test dan data akhir mengunakan uji Paired Sample t-Test dan N – Gain.
Berdasarkan pengujian, maka kesimpulan yang didapat yakni 1) model pembelajaran ACE berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. 2) kemampuan literasi numerasisiswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran ACE berbasis etnomatematika.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA PER P 2025
28-UN57.U1-SPM-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA PER P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;241HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?