PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 KOTA MAGELANG

DWI SEPTIANINGRUM - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan minat baca peserta didik, yang tercermin dari keterbatasan kosakata dan kurang optimalnya kemampuan menulis teks naratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan
ada tidaknya pengaruh kebiasaan membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis teks naratif peserta didik kelas VII di MTs Negeri 2 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen dengan pendekatan ex-post facto. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan sampel sebanyak 64 siswa dari Fase D1. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, regresi linear sederhana, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan menulis antara kelas 7B dan 7D, meskipun keduanya diajar oleh guru yang sama serta menggunakan metode pembelajaran yang serupa, yaitu Project Based Learning. Keterampilan menulis teks naratif diukur melalui tes kemampuan awal dan tes
kemampuan akhir. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh, peningkatan keterampilan menulis teks naratif di kelas 7B terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan kelas 7D. Hasil regresi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,494, yang
berarti 49,4% variabilitas dalam keterampilan menulis dipengaruhi oleh kebiasaan membaca cerita anak. Uji Anova menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Nilai N-Gain kelas 7B berada pada kategori sedang(0,3277), sedangkan kelas 7D berada pada kategori rendah (0,1262). Temuan ini menegaskan bahwa kebiasaan membaca cerita anak secara rutin dan terarah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan keterampilan
menulis naratif


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA SEP P 2025
35-UN57.U1-SIN-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA SEP P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XXI;223 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?