Text
SKRIPSI PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 KOTA MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan minat baca peserta didik, yang tercermin dari keterbatasan kosakata dan kurang optimalnya kemampuan menulis teks naratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan
ada tidaknya pengaruh kebiasaan membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis teks naratif peserta didik kelas VII di MTs Negeri 2 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen dengan pendekatan ex-post facto. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan sampel sebanyak 64 siswa dari Fase D1. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, regresi linear sederhana, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan menulis antara kelas 7B dan 7D, meskipun keduanya diajar oleh guru yang sama serta menggunakan metode pembelajaran yang serupa, yaitu Project Based Learning. Keterampilan menulis teks naratif diukur melalui tes kemampuan awal dan tes
kemampuan akhir. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh, peningkatan keterampilan menulis teks naratif di kelas 7B terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan kelas 7D. Hasil regresi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,494, yang
berarti 49,4% variabilitas dalam keterampilan menulis dipengaruhi oleh kebiasaan membaca cerita anak. Uji Anova menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Nilai N-Gain kelas 7B berada pada kategori sedang(0,3277), sedangkan kelas 7D berada pada kategori rendah (0,1262). Temuan ini menegaskan bahwa kebiasaan membaca cerita anak secara rutin dan terarah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan keterampilan
menulis naratif
Tidak tersedia versi lain