PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

AFIFAH NUR WULANDARI - Nama Orang;

Kata Kunci: model SSCS, pendekatan gamifikasi, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar
Matematika memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Akan tetapi hasil tes kemampuan awal peserta didik di SMPN 8 Magelang mengenai pemecahan masalah masih dalam kategori rendah, dengan nilai 33,37. Dari hasil observasi beserta wawancara, teacher centered ialah model pembelajaran yang digunakan guru, yang mengakibatkan peserta didik banyak yang bermain sendiri, tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan, dan tidak terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, soal yang diberikan lebih banyak soal latihan rutin dibandingkan soal kontekstual. Pendidik juga perlu memperhatikan minat belajar peserta didik, karena berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Tujuan penelitian untuk: (1) membandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh model pembelajaran SSCS pendekatan gamifikasi dan yang memperoleh model pembelajaran langsung, (2) membandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan minat belajar tinggi dengan peserta didik yang memiliki minat belajar sedang dan rendah, serta membandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan minat belajar sedang dengan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah, (3) membandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan minat belajar tinggi, sedang dan rendah yang diajar dengan model pembelajaran SSCS pendekatan gamifikasi dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yaitu factorial design 2 × 3. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMPN 8 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada model SSCS pendekatan gamifikasi lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. Kedua, peserta didik dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan minat sedang dan rendah, sedangkan peserta didik dengan minat belajar sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sama baiknya dengan peserta didik minat belajar rendah. Dan terakhir, tidak terdapat interaksi antarmodel pembelajaran dengan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dengan arti kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan minat belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan gamifikasi tidak sama baiknya dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan minat belajar sedang dan rendah yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan gamifikasi tidak l


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA WUL P 2025
27-UN57.U1-SPM-VI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA WUL P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;242HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?