Text
SKRIPSI DEIKSIS DALAM PERCAKAPAN GURU DAN SISWA KELAS IX PADA MATERI TEKS PROSEDUR
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena penggunaan deiksis dalam percakapan guru dan siswa kelas IX selama kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Penelitian ini berfokus pada bentuk deiksis dalam
percakapan guru dan siswa kelas IX pada materi teks prosedur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berupa bentuk-bentuk deiksis yang diucapkan oleh guru dan siswa kelas IX saat
proses pembelajaran bahasa Indonesia materi teks prosedur di SMP Negeri 8 Magelang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode simak dngan teknik catat. Metode pada analisis data menggunakan metode padan, dilanjutkan dengan pilah unsur penentu(PUP) dan teknik hubung banding menyamakan (HBS). Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak 39 data deiksis yang mencakup enam deiksis persona, delapan belas deiksis waktu, lima deiksis tempat, lima deiksis sosial,
empat deiksis wacana, dan dua deiksis penunjuk. Berdasarkan enam jenis deiksis yang ditemukan dalam penelitian ini, diketahui bahwa deiksis waktu menjadi jenis deiksis yang paling banyak muncul dalam percakapan guru dan siswa.
34-UN57.U1-SIN-VII-2025 | INDONESIA NUR D 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain