Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP
Kata Kunci: PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, Efektif
Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berkontribusi signifikan terhadap penguasaan konsep. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkannya adalah dengan memilih model pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran PjBL.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Magelang dan penarikan sampel kelas VIII A dan VIII C dengan teknik purposive sampling yang setiap kelasnya terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji TTest dan Uji N-Gain menggunakan SPSS for window 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan nilai posttest menggunakan rumus uji T-Test diperoleh hasil sign 0,000 < 0,05 (independent sample t-Test) maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa kedua kelas disebabkan oleh perlakuan yang berbeda (2) Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dalam pembelajaran adalah 0,712 berkategori tinggi (keterampilan berpikir kritis) dan 0,683 berkategori sedang (penguasaan konsep) serta pada kelas kontrol untuk kedua variabel tersebut berkategori rendah berturut-turut sebesar 0,179 dan 0,187. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang.
Tidak tersedia versi lain