PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP

WIDYANINGSIH - Nama Orang;

Kata Kunci: PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, Efektif
Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berkontribusi signifikan terhadap penguasaan konsep. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkannya adalah dengan memilih model pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran PjBL.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Magelang dan penarikan sampel kelas VIII A dan VIII C dengan teknik purposive sampling yang setiap kelasnya terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji TTest dan Uji N-Gain menggunakan SPSS for window 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan nilai posttest menggunakan rumus uji T-Test diperoleh hasil sign 0,000 < 0,05 (independent sample t-Test) maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa kedua kelas disebabkan oleh perlakuan yang berbeda (2) Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dalam pembelajaran adalah 0,712 berkategori tinggi (keterampilan berpikir kritis) dan 0,683 berkategori sedang (penguasaan konsep) serta pada kelas kontrol untuk kedua variabel tersebut berkategori rendah berturut-turut sebesar 0,179 dan 0,187. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA WID K 2025
34-UN57.U1-SI-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WID K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;322HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?