PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROAR ( READ, OBSERVE, AUDITORY, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

RIZKIA AZZAH - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa SMP, khususnya dalam pembelajaran IPA. Padahal, kedua aspek tersebut sangat penting untuk mendukung kompetensi abad 21, yaitu
kemampuan bekerja sama dan memahami materi secara mendalam. Kurangnya partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok serta minimnya model pembelajaran yang tepat menjadi penyebab utama permasalahan tersebut. Untuk mengatasi hal ini,diterapkan model pembelajaran ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) yang dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa melalui
membaca, mengamati, mendiskusikan, dan meninjau materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model ROAR dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa SMP
pada materi ekologi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas VII MTs N 2 Kota Magelang, yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi pretest-posttest untuk mengukur penguasaan konsep, serta kuesioner dan lembar observasi untuk menilai keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam hal keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep. Nilai N-Gain keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan
kelas kontrol lebih rendah. Demikian pula, nilai N-Gain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen berada dalam kategori sedang, sementara kelas kontrol dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model ROAR efektif
dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa. Model ini terbukti mampu menciptakan suasana belajar aktif dan bermakna melalui interaksi, observasi langsung, dan refleksi terhadap materi pembelajaran.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA AZZ E 2025
44-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AZZ E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;287 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?