Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROAR ( READ, OBSERVE, AUDITORY, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa SMP, khususnya dalam pembelajaran IPA. Padahal, kedua aspek tersebut sangat penting untuk mendukung kompetensi abad 21, yaitu
kemampuan bekerja sama dan memahami materi secara mendalam. Kurangnya partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok serta minimnya model pembelajaran yang tepat menjadi penyebab utama permasalahan tersebut. Untuk mengatasi hal ini,diterapkan model pembelajaran ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) yang dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa melalui
membaca, mengamati, mendiskusikan, dan meninjau materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model ROAR dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa SMP
pada materi ekologi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas VII MTs N 2 Kota Magelang, yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi pretest-posttest untuk mengukur penguasaan konsep, serta kuesioner dan lembar observasi untuk menilai keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam hal keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep. Nilai N-Gain keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan
kelas kontrol lebih rendah. Demikian pula, nilai N-Gain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen berada dalam kategori sedang, sementara kelas kontrol dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model ROAR efektif
dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa. Model ini terbukti mampu menciptakan suasana belajar aktif dan bermakna melalui interaksi, observasi langsung, dan refleksi terhadap materi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain