PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RIAS (READING, IDENTIFICATION, ANALYSIS, AND SELF REFLECTION) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

NISRINA NABILA LATIFAH - Nama Orang;

Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran RIAS, keefektifan
Pendidikan era revolusi industri mengharuskan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis terutama dalam pembelajaran IPA. Namun, asesmen internasional dan temuan di lapangan menunjukkan berpikir kritis siswa SMP terbilang rendah. Salah satu alasan yaitu model pembelajaran konvensional yang belum dapat menstimulasi siswa untuk berpikir mendalam serta menyelesaikan masalah secara logis. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran secara lebih efektif yakni model RIAS yang dinilai mampu memfasilitasi pengembangan berpikir kritis siswa secara sistematis.
Tujuan penelitian ini menganalisis tingkat efektivitas model pembelajaran RIAS dalam upaya mengasah keterampilan pemikiran kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui desain quasi experiment tipe pretest dan posttest pada kelompok kontrol nonequivalent. Penilihan sampel dilakukan dengan pendekatan purposive sampling. Penelitian melibatkan kelas VII B untuk kelas eksperimen dan kelas VII C untuk kelas kontrol. Data dihasilkan berdasarkan perolehan nilai dari 8 soal esai yang mengukur keterampilan berpikir kritis.
Hasil penelitian dari keterampilan berpikir kritis kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 64,97 dan rata-rata posttest mencapai 80,26. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata pretest 65,67 dan rata-rata posttest 89,35. Hasil pengujian independent sample t-Test memperoleh hasil signifikansi < 0,05 yaitu 0,00 menjelaskan jika terdapat perbedaan signifikan. Nilai N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,69 sementara kelas kontrol sebesar 0,44, kategori N-Gain yang diperoleh termasuk dalam tingkat sedang. Model pembelajaran RIAS jika ditinjau dari data pengujian independent sample t-Test serta N-Gain terbukti cukup efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA LAT K 2025
33-UN57.U1-SI-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LAT K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;271HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?