Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Kemampuan berpikir kreatif yang ada pada diri siswa, merupakan kunci dalam memahami masalah dan menemukan berbagai solusi. Kondisi yang terjadi di dunia pendidikan, mengindikasikan bahwa tingkat kreativitas siswa masih berada npada kategori rendah. Pada tahun 2022, PISA mencatat bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia tergolong sangat rendah. Hal serupa terjadi pada temuan awal pra-penelitian di SMPN 11 Kota Magelang, dengan capaian indikator kelancaran 26%, keluwesan 31%, kebaruan44%, dan elaborasi 28%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model RMS (Reading, Mind Mapping, dan Sharing) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen menggunakan model Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 11 Kota Magelang, dengan sampel siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa 8 butir soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, independent sample
t-test, paired sample t-test, dan N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelas peningkatan pada kelas
eksperimen lebih tinggi, dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Tidak tersedia versi lain