PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

OKTAVIA ANDINI PUTRI - Nama Orang;

Kemampuan berpikir kreatif yang ada pada diri siswa, merupakan kunci dalam memahami masalah dan menemukan berbagai solusi. Kondisi yang terjadi di dunia pendidikan, mengindikasikan bahwa tingkat kreativitas siswa masih berada npada kategori rendah. Pada tahun 2022, PISA mencatat bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia tergolong sangat rendah. Hal serupa terjadi pada temuan awal pra-penelitian di SMPN 11 Kota Magelang, dengan capaian indikator kelancaran 26%, keluwesan 31%, kebaruan44%, dan elaborasi 28%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model RMS (Reading, Mind Mapping, dan Sharing) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen menggunakan model Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 11 Kota Magelang, dengan sampel siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa 8 butir soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, independent sample
t-test, paired sample t-test, dan N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelas peningkatan pada kelas
eksperimen lebih tinggi, dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA PUT K 2025
43-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUT K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;236 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?