Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP
Pembelajaran IPA di zaman ini mengharuskan siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi sains serta penguasaan konsep yang baik sebagai bekal untuk menghadapi tantangan abad 21. Akan tetapi, faktanya masih terdapat banyak siswa yang menghadapi tantangan dalam memahami konsep sains dan mengaplikasikannya dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation dalam meningkatkan literasi sains dan penguasaan konsep siswa SMP. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah quasi
experimental dengan model nonequivalent control group design. Alat ukur yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang bertujuan untuk menilai pemahaman literasi sains dan penguasaan konsep, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari pengujian hipotesis literasi sains dan penguasaan konsep menunjukkan nilai signifikansi sebesar
Tidak tersedia versi lain