Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting di abad ke-21 karena diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dan memecahkan masalah. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini juga terkonfirmasi melalui observasi dan wawancara di MTs N 2 Kota Magelang, di mana siswa di sekolah tersebut mengalami kendala serupa. Beberapa penelitian menyebutkan keterampiln berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran ERP (Engage, Research, Present). Tujuan dilaksanakannya penelitian guna menilai keefektifan model pembelajaran ERP dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa SMP, dengan sampel dua kelas VII yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VII B berperan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model ERP, sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji T menunjukkan nilai sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil tersebut didukung oleh nilai rerata N-gain pada kelas ERP sebesar 0,60, lebih tinggi dibandingkan kelas discovery learning yang hanya 0,46. Seluruh indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan. Model pembelajaran ERP disimpulkan terbukti mempuny
Tidak tersedia versi lain