PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

AGUSTINA IKA WINARTI - Nama Orang;

Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting di abad ke-21 karena diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dan memecahkan masalah. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini juga terkonfirmasi melalui observasi dan wawancara di MTs N 2 Kota Magelang, di mana siswa di sekolah tersebut mengalami kendala serupa. Beberapa penelitian menyebutkan keterampiln berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran ERP (Engage, Research, Present). Tujuan dilaksanakannya penelitian guna menilai keefektifan model pembelajaran ERP dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa SMP, dengan sampel dua kelas VII yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VII B berperan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model ERP, sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji T menunjukkan nilai sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil tersebut didukung oleh nilai rerata N-gain pada kelas ERP sebesar 0,60, lebih tinggi dibandingkan kelas discovery learning yang hanya 0,46. Seluruh indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan. Model pembelajaran ERP disimpulkan terbukti mempuny


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA WIN K 2025
31-UN57.U1-SI-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WIN K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;268HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?