PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

CHELSEA EKA PUTRISTA NABILA - Nama Orang;

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek esensial yang perlu dikuasai oleh siswa dalam mendukung proses pembelajaran di abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran IPA yang kompleks serta membutuhkan analisis yang mendalam. Namun, di SMP Negeri 1 Tempuran terindentifikasi melalui observasi menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kondisi ini disebabkan penerapan model yang tidak optimal mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, serta masih kuatnya dominasi peran guru dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Alternatif solusi yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah yaitu melalui penerapan model PBL, yang memfokuskan proses belajar pada siswa dengan penyajian masalah sebagai pemicu dalam memperkuat pemikiran kritis. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di jenjang SMP. Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu secara kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe non-equivalent control group design, di mana siswa kelas VII G berperan sebagai kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model PBL, sementara kelas VII F menjadi kelompok kontrol yang menerima model direct instruction. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes esai 10 butir soal dan telah melalui tahapan pengujian validitas serta reliabilitas untuk memastikan kualitasnya. Uji prasyarat melalui analisis normalitas juga homogenitas menyatakan bahwa data terdistribusi secara normal dan memiliki sifat homogen. Dilakukan pengujian hipotesis melalui independent sample t-test serta analisis N-Gain. Hasil t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,46 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,29 (kategori rendah). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA NAB E 2025
30-UN57.U1-SI-VI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NAB E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;240HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?