Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek esensial yang perlu dikuasai oleh siswa dalam mendukung proses pembelajaran di abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran IPA yang kompleks serta membutuhkan analisis yang mendalam. Namun, di SMP Negeri 1 Tempuran terindentifikasi melalui observasi menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kondisi ini disebabkan penerapan model yang tidak optimal mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, serta masih kuatnya dominasi peran guru dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Alternatif solusi yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah yaitu melalui penerapan model PBL, yang memfokuskan proses belajar pada siswa dengan penyajian masalah sebagai pemicu dalam memperkuat pemikiran kritis. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di jenjang SMP. Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu secara kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe non-equivalent control group design, di mana siswa kelas VII G berperan sebagai kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model PBL, sementara kelas VII F menjadi kelompok kontrol yang menerima model direct instruction. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes esai 10 butir soal dan telah melalui tahapan pengujian validitas serta reliabilitas untuk memastikan kualitasnya. Uji prasyarat melalui analisis normalitas juga homogenitas menyatakan bahwa data terdistribusi secara normal dan memiliki sifat homogen. Dilakukan pengujian hipotesis melalui independent sample t-test serta analisis N-Gain. Hasil t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,46 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,29 (kategori rendah). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.
Tidak tersedia versi lain