PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

ZUNINDA RAHAYU - Nama Orang;

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi essensial yang diperlukan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Pentingnya keterampilan berpikir kritis nyatanya tidak sejalan dengan fakta di lapangan, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil observasi, wawancara, dan pra penelitian yang mengungkapkan rendahnya tingkat keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Mertoyudan. Salah satu model yang dinilai mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis yakni model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Adapun desainnya dengan quasi experimental, menggunakan model nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis bentuk uraian sejumlah 9 soal yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji mann whitney, uji N-gain, serta uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji mann whitney memperoleh Asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selain itu, melalui uji N-gain menunjukkan rata-rata skor N-gain kelas kontrol 0,31 dan kelas eksperimen 0,68 yang keduanya termasuk dalam kategori sedang. Untuk uji N-gain setiap indikator, pada kelas kontrol, dua indikator berada pada kategori rendah dan tiga lainnya pada kategori sedang. Sementara, pada kelas eksperimen dua indikator berada pada kategori tinggi dan tiga indikator lainya berada pada kategori sedang. Selanjutnya, hasil uji effect size memperoleh nilai 0,84, artinya kelas eksperimen memiliki efek yang lebih besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sehingga, dapat diambil simpulan secara umum bahwa model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA RAH K 2025
29-UN57.U1-SI-VI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAH K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;200HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?