Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi essensial yang diperlukan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Pentingnya keterampilan berpikir kritis nyatanya tidak sejalan dengan fakta di lapangan, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil observasi, wawancara, dan pra penelitian yang mengungkapkan rendahnya tingkat keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Mertoyudan. Salah satu model yang dinilai mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis yakni model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Adapun desainnya dengan quasi experimental, menggunakan model nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis bentuk uraian sejumlah 9 soal yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji mann whitney, uji N-gain, serta uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji mann whitney memperoleh Asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selain itu, melalui uji N-gain menunjukkan rata-rata skor N-gain kelas kontrol 0,31 dan kelas eksperimen 0,68 yang keduanya termasuk dalam kategori sedang. Untuk uji N-gain setiap indikator, pada kelas kontrol, dua indikator berada pada kategori rendah dan tiga lainnya pada kategori sedang. Sementara, pada kelas eksperimen dua indikator berada pada kategori tinggi dan tiga indikator lainya berada pada kategori sedang. Selanjutnya, hasil uji effect size memperoleh nilai 0,84, artinya kelas eksperimen memiliki efek yang lebih besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sehingga, dapat diambil simpulan secara umum bahwa model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP.
Tidak tersedia versi lain