PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

LAURA ARDIANI ROHMAH CAHYANI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis isu sosiosaintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa, serta menganalisis pengaruh
kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Magelang dengan menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa model Problem Based Learning berbasis isu sosiosaintifik, sementara kelas kontrol diajar dengan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui tes esai dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa skor posttest kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen mencapai 83,13, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,53. Uji Independent Sample T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan
antara kedua kelas (sig. (2-tailed) < 0,001), sehingga model Problem Based Learning berbasis isu sosiosaintifik terbukti memberikan dampak yang signifikan. Selain itu, skor N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan
pemecahan masalah siswa pada kategori sedang hingga tinggi di kelas eksperimen. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa,
dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,182. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem
Based Learning berbasis isu sosiosaintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, serta terdapat hubungan positif antara kedua kemampuan tersebut dalam konteks pembelajaran IPA di tingkat sekolah menengah pertama.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA CAH K 2025
41-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA CAH K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;168 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, DAPUS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?