PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDE MENGGUNAKAN TEKS SAINS BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA

SOFIA ZELMAR ISWANDHANI - Nama Orang;

Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui efektivitas strategi Anticipation Guide yang dipadukan dengan teks IPA berbasis isu sosial (Socio Scientific Issue) dalam meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa SMP kelas VII. Literasi
membaca sangat penting bagi siswa untuk dapat memahami, menilai, dan menggunakan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, data PISA mengungkapkan tingkat literasi membaca siswa di Indonesia masih tergolong
rendah. Minimnya bahan bacaan yang menarik dan metode pembelajaran yang masih konvensional menjadi salah satu penyebab rendahnya literasi membaca. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Magelang dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Kelas yang dilibatkan adalah dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan strategi Anticipation Guide dengan teks SSI, dan kelas
kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan literasi membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan strategi Anticipation Guide dengan teks SSI secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kedua kelas, serta nilai N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (0,714), sedangkan kelas kontrol hanya berada pada kategori rendah (0,252). Strategi ini membantu siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi secara aktif, dan lebih memahami isi bacaan karena dihadapkan pada permasalahan nyata yang dekat dengan kehidupan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ISW P 2025
40-UN57.U1-SI-2025-BT
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ISW P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;269 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?