Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDE MENGGUNAKAN TEKS SAINS BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA
Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui efektivitas strategi Anticipation Guide yang dipadukan dengan teks IPA berbasis isu sosial (Socio Scientific Issue) dalam meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa SMP kelas VII. Literasi
membaca sangat penting bagi siswa untuk dapat memahami, menilai, dan menggunakan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, data PISA mengungkapkan tingkat literasi membaca siswa di Indonesia masih tergolong
rendah. Minimnya bahan bacaan yang menarik dan metode pembelajaran yang masih konvensional menjadi salah satu penyebab rendahnya literasi membaca. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Magelang dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Kelas yang dilibatkan adalah dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan strategi Anticipation Guide dengan teks SSI, dan kelas
kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan literasi membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan strategi Anticipation Guide dengan teks SSI secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kedua kelas, serta nilai N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (0,714), sedangkan kelas kontrol hanya berada pada kategori rendah (0,252). Strategi ini membantu siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi secara aktif, dan lebih memahami isi bacaan karena dihadapkan pada permasalahan nyata yang dekat dengan kehidupan.
Tidak tersedia versi lain