PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERPENDEKATAN TEACHING AT RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP

ANA MUNAZIROTUL - Nama Orang;

Sistem pendidikan yang sukses ditandai oleh pengintegrasian keterampilan problem solving ke dalam kurikulum pembelajaran. Kondisi nyata keterampilan problem solving siswa masih rendah dibuktikan oleh data nasional dalam AKSI 2019 dan
penelitian-penelitian terdahulu. Pembelajaran di sekolah yang kurang menekankan penguasaan problem solving dan kurang memfasilitasi perbedaan kemampuan kognitif pada siswa menjadi penyebab rendahnya keterampilan problem solving. Diperlukanupaya perlakuan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at Right Level (TaRL)dalammeningkatkan keterampilan problem solving siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen model pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling kemudian diperoleh dua kelas sebagai
subjek penelitian. Instrumen penelitian terdiri dari 8 butir soal uraian problem
solving yang telah teruji validitas isi dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan
melalui uji prasyarat dan uji hipotesis meliputi uji T dan N-Gain. Hasil penelitian
membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan
pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) mampu meningkatkan keterampilan
problem solving siswa yang dibuktikan hasil signifikansi (2-tailed) |0,00| < |0,05|
dengan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,57 (kategori sedang) dan kelas kontrol
sebesar 0,43 (kategori sedang). Artinya model Problem Based Learning (PBL)
dengan pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) efektif meningkatkan
keterampilan problem solving siswa SMP. Pengelompokan siswa sesuai kategori
kemampuan kognitif efektif meningkatkan keterampilan problem siswa didukung
oleh output uji T, yakni sig (2-tailed) |0,026| < |0,05| untuk kemampuan kognitif
rendah; sig (2-tailed) |0,013| < |0,05| untuk kemampuan kognitif sedang; dan sig (2
tailed) |0,002| < |0,05| untuk kemampuan kognitif tinggi. Perbedaan yang signifikan
tersebut dikuatkan oleh nilai N-Gain, yakni: kemampuan kognitif rendah
eksperimen 0,53 sedangkan rendah kontrol 0,31; kemampuan kognitif sedang
eksperimen 0,56 sedangkan sedang kontrol 0,4; kemampuan kognitif tinggi
eksperimen 0,6 sedangkan tinggi kontrol 0.5. Kesimpulannya model PBL
berpendekatan TaRL yang mengelompokkan siswa sesuai kategori kemampuan
kognitif efektif meningkatkan keterampilan problem solving siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA MUN K 2025
39-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUN K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIII;210 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?