PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI MEMBACA ANTICIPATION GUIDE PADA TEKS SAINS BERKONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISU DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA

NUR LAELA FITRIYANI - Nama Orang;

Literasi membaca menjadi salah satu kunci keberhasilan belajar. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan dan terlibat dalam teks. Hasil PISA tahun 2022 membuktikan Indonesia berada pada tingkat rendah dibanding negara lain. Literasi membaca yang rendah diakibatkan oleh penggunaan bahan bacaan yang monoton, minat baca siswa yang rendah, serta kurangnya penerapan kebiasaan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan strategi membaca anticipation guide pada teks berbasis SSI terhadap keterampilan literasi membaca.
Penelitian ini diharapkan mampu memaknai pentingnya kemampuan literasi membaca yang berdampak pada hasil belajar didalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode quasi experimental design berupa pretest dan posttest. Menggunakan sampel 3 kelas dari 7 kelas menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah instrumen tes berupa pernyataan benar salah
Hasil penelitian menunjukan signifikansi peningkatan literasi membaca siswa sebesar 0,000, mengindikasikan terdapat peningkatan literasi membaca setelah perlakuan. Peningkatan kemampuan literasi membaca kelas Eksperimen 1 dengan nilai N-gain sebesar 0,74 dengan berkategori tinggi, kelas Eksperimen 2 dengan nilai N-gain sebesar 0,47 dengan berkategori sedang, kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,31 dengan berkategori sedang. Peningkatan literasi membaca siswa Eksperimen 1 lebih tinggi. Simpulan dari penelitian adalah terdapat peningkatan literasi membaca siswa lebih tinggi ketika proses pembelajaran menggunakan strategi membaca anticipation guide dengan menggunakan teks SSI.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA FIT P 2025
36-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA FIT P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;328HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?