Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI MEMBACA ANTICIPATION GUIDE PADA TEKS SAINS BERKONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISU DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA
Literasi membaca menjadi salah satu kunci keberhasilan belajar. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan dan terlibat dalam teks. Hasil PISA tahun 2022 membuktikan Indonesia berada pada tingkat rendah dibanding negara lain. Literasi membaca yang rendah diakibatkan oleh penggunaan bahan bacaan yang monoton, minat baca siswa yang rendah, serta kurangnya penerapan kebiasaan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan strategi membaca anticipation guide pada teks berbasis SSI terhadap keterampilan literasi membaca.
Penelitian ini diharapkan mampu memaknai pentingnya kemampuan literasi membaca yang berdampak pada hasil belajar didalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode quasi experimental design berupa pretest dan posttest. Menggunakan sampel 3 kelas dari 7 kelas menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah instrumen tes berupa pernyataan benar salah
Hasil penelitian menunjukan signifikansi peningkatan literasi membaca siswa sebesar 0,000, mengindikasikan terdapat peningkatan literasi membaca setelah perlakuan. Peningkatan kemampuan literasi membaca kelas Eksperimen 1 dengan nilai N-gain sebesar 0,74 dengan berkategori tinggi, kelas Eksperimen 2 dengan nilai N-gain sebesar 0,47 dengan berkategori sedang, kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,31 dengan berkategori sedang. Peningkatan literasi membaca siswa Eksperimen 1 lebih tinggi. Simpulan dari penelitian adalah terdapat peningkatan literasi membaca siswa lebih tinggi ketika proses pembelajaran menggunakan strategi membaca anticipation guide dengan menggunakan teks SSI.
Tidak tersedia versi lain