Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS PARAMETER GEOMETRIK JALAN
Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu permasalahan serius yang mengancam keselamatan masyarakat, termasuk di Kota Magelang yang memiliki tingkat kecelakaan cukup tinggi. Upaya identifikasi lokasi rawan kecelakaan (blackspot) umumnya masih bergantung pada data kecelakaan yang telah terjadi, sehingga upaya pencegahan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penentuan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas berbasis parameter geometrik jalan, sehingga dapat digunakan secara preventif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kecelakaan menggunakan pendekatan Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper Control Limit (UCL), serta pembobotan parameter geometrik. Parameter geometrik yang digunakan meliputi kecepatan kendaraan, lebar lajur, lebar bahu, lebar median, jari-jari tikungan, superelevasi, dan jarak pandang henti. Perumusan model menggunakan analisis regresi linier berganda.
Tidak tersedia versi lain