PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PERBEDAAN GENDER DALAM EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

RIFA ZAHIDA LISTIANI - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA sebagai bekal menghadapi tantangan global di masa mendatang. Namun implementasi di lapangan masih didominasi oleh metode ceramah dan penilaian berbasis hafalan, sehingga kurang mendorong kemampuan berpikir kritis dan aplikatif. Salah satu alternatif yang potensial adalah penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan STEM, yang dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan tersebut melalui aktivitas proyek secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis efektivitas model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki, (2) menganalisis efektivitas model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan, (3) menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain true experiment. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas VII D sebagai kelompok laki-laki dan VII H sebagai kelompok perempuan. Data diperoleh melalui tes uraian pretest dan posttest berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kedua kelompok setelah mengikuti pembelajaran PjBLSTEM, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,5690 untuk siswa laki-laki dan 0,6586 untuk siswa perempuan, keduanya berada pada kategori sedang. Namun berdasarkan uji Mann-Whitney, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok tersebut (p = 0,291). Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL-STEM memiliki efektivitas yang merata dan tidak bias terhadap gender, serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA untuk mendukung penguatan keterampilan pemecahan masalah siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA LIS P 2025
47-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LIS P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIII;179HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?