Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial yang mendukung siswa dalam menganalsis informasi, mengambil keputusan secara logis, serta memecahkan masalah secara efektif. Namun dalam praktiknya, pembelajaran di kelas masih belum sepenuhnya mendorong keterlibatan aktif siswa untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model Project Based Learning berpendekatan EtnoSTEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan desain quasi-experiment nonequivalent control group. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil analisis independent sample t-test dengan nilai signifikan 0,001 (
Tidak tersedia versi lain