PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS MINAT BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK JENJANG SMP DI KOTA MAGELANG

TSAMARAH SHOFI - Nama Orang;

Penelitian ini dilakukan guna menganalisis minat belajar peserta didik jenjang SMP terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kota Magelang. Minat belajar merupakan salah satu faktor internal penting yang memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, khususnya dalam pelajaran IPA yang menuntut keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta menerapkan teknik triangulasi data melalui angket, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian melibatkan 120 peserta didik dari empat SMP Negeri di Kota Magelang. Minat belajar dianalisis berdasarkan empat indikator utama: perasaan senang, ketertarikan, partisipasi, dan penerimaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik SMP Negeri di Kota Magelang memiliki minat belajar yang cukup baik terhadap pelajaran IPA, dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 80%. Indikator penerimaan memperoleh skor (86%), disusul partisipasi (83%), ketertarikan (80%), dan perasaan senang (78%). Meskipun demikian, ditemukan bahwa minat belajar peserta didik belum sepenuhnya merata dan konsisten. Sebagian siswa masih menunjukkan sikap pasif, kurang persiapan, serta ketidaksungguhan dalam mengikuti pembelajaran, terutama saat menghadapi materi yang dianggap sulit. Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat belajar IPA di kalangan siswa SMP di Kota Magelang berada pada kategori baik, namun memerlukan penguatan melalui strategi pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan menyenangkan. Diharapkan guru dapat lebih adaptif terhadap perbedaan gaya belajar siswa serta mengembangkan metode pembelajaran yang mendukung partisipasi aktif. Temuan ini juga menjadi acuan penting bagi sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA SHO A 2025
48-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SHO A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;269 HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?