PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY (Lol) BERBASIS PEMBELAJAAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

FINA UMI FADLILA ARMAYASARI - Nama Orang;

Kurikulum merdeka belajar yang sedang dikembangkan saat ini relevan dengan pembelajaran pada abad ke 21 yang memusatkan kebutuhan peserta didik atau Student center. Literasi sains merupakan suatu bentuk kemampuan pemahaman sains seseorang, kemampuan menjelaskan sains baik secara tulisan maupun lisan, dan kemampuan mengimplementasikan pengetahuan sains dalam memecahkan suatu permasalahan untuk dapat memunculkan sikap peka yang tinggi pada diri dan dapat mempertimbangan secara sains dalam pengambilan suatu keputusan. Namun berdasarkan survey data yang dihimpun menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains pada peserta didik yang ada di Indonesia konsisten berada dibawah rata-rata apabila dibandingkan dengan rata-rata skor secara internasional. Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan model dan pendekatan pembelajaran konvensional, sehingga kurang mendukung peningkatan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivtas model Levels of Inquiry untuk meningkatkan Literasi sains peserta didik. Metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental, yaitu non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Muntilan dengan sampel kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lima soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji t independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontol. Hasil uji t independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, yang menandakan perbedaan signifikan. Uji N-gain untuk kelas eksperimen menghasilkan 0,65 dengan kategori sedang, yang diinterpretasikan sebagai cukup efektif. Sementara itu, uji N-gain untuk kelas kontrol menunjukkan nilai 0,50 dengan kategori sedang, namun diinterpretasikan sebagai kurang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran levels of inquiry lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik di SMP Negeri 3 Muntilan dibandingkan model pembelajaran konvensional.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA ARM P 2025
46-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ARM P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;182HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?